Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Guru Pendidikan Menengah Tingkat Nasional Tahun 2017

Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Guru Pendidikan Menengah Tingkat Nasional Tahun 2017

Lomba Karya Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Guru Pendidikan Menengah Tingkat Nasional Tahun 2017 merupkan lomba yang bersifat perorangan (individual) dengan sasaran guru-guru SMA dan SMK di seluruh Indonesia baik PNS maupun Non PNS di Sekolah negeri maupun swasta yang aktif melaksanakan tugas.

Hasil yang diharapkan dalam pelaksanaan lomba ini

  1. Terwujudnya peningkatan kompetensi professional guru SMA dan SMK pada aspek penulisan ilmiah dan pengembangan inovasi pembelajaran.
  2. Terciptanya budaya menulis ilmiah dan inovatif bagi guru SMA dan SMK.
  3. Terpilihnya guru SMA dan SMK dalam Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Guru Pendidikan Menengah Tingkat Nasional Tahun 2017.

Ada 2 pengertian dalam lomba ini

1. Inovasi Pembelajaran

Inovasi Pembelajaran adalah suatu gagasan, praktik, strategi, metode, teknik, bahan, model pembelajaran, teknologi tepat guna, karya seni, dan perangkat pembelajaran yang baru dan/atau memiliki kebaruan, serta mampu memecahkan persoalan pembelajaran.

2. Lomba Karya Inovasi Pembelajaran

Lomba Karya Inovasi Pembelajaran adalah kegiatan lomba yang diikuti oleh guru SMA dan SMK untuk berkompetisi pada tingkat nasional dalam penyusunan karya inovatif. Karya inovatif tersebut diharapkan mampu memecahkan masalah dalam proses pembelajaran sesuai dengan tugas dan fungsi guru untuk meningkatkan mutu hasil belajar peserta didik.

Ketentuan untuk mengikuti Lomba Inovasi Pembelajaran Guru Pendidikan Menengah ada tahapanya

  1. Seleksi Proposal
  2. Proses Pelaksanaan

Prinsip-prinsip yang diterapkan dalam lomba inovasi pembelajaran bagi guru SMA dan SMK tingkat nasional tahun 2017 bersifat edukatif, kompetitif, objektif, transparan, akuntabel, efektif, dan efisien.

  1. Edukatif: menumbuhkan sikap sportivitas, kebersamaan, dan saling menghargai keunggulan masing-masing karya yang di hasilkan;
  2. Kompetitif: membangun semangat dan daya saing antar guru SMA dan SMK secara sehat;
  3. Objektif: penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas tidak dipengaruhi subjektivitas penilai;
  4. Transparan: dapat diketahui oleh semua pihak yang berkepentingan dan dilaksanakan secara terbuka;
  5. Akuntabel: dapat dipertanggungjawabkan kepada semua pihak yang berkepentingan;
  6. Efektif: pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tujuan; Efisien: ketepatan cara, waktu, tenaga dan biaya sesuai dengan yang direncanakan.

Panitia penyelenggara dalam lomba inovasi pembelajaran bagi guru SMA dan SMK tingkat nasional tahun 2017 ini, diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah. Panitia pelaksana lomba inovasi pembelajaran bagi guru SMA dan SMK tahun 2017 disesuaikan dengan kemampuan dan tingkat kewenangan masing-masing.

Download Pedoman Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Guru Pendidikan Menengah Tingkat Nasional Tahun 2017

Copyright © 2019

Select your color