Lomba Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa Bagi Guru Pendidikan Menengah Tahun 2017

  • January, 06 2017
  • Lomba
  • 133

Pelaksanaan kegiatan ini, secara umum bertujuan meningkatkan pengembangan pendidikan karakter bangsa di pendidikan menengah, baik SMA maupun SMK. Adapun tujuan khusus kegiatan ini adalah sebagai berikut.

  1. Menstimulasi tumbuh kembangnya inovasi guru dalam pendidikan karakter untuk menghasilkan peserta didik yang berkarakter bangsa.
  2. Memberikan bimbingan teknis dalam mendesain inovasi dalam pendidikan karakter bangsa
  3. Melakukan monitoring dan evaluasi dalam proses implementasi inovasi dalam pendidikan karakter bangsa.
  4. Memberikan penghargaan kepada guru yang sudah melakukan inovasi dalam pendidikan karakter bangsa di sekolah masing-masing

Lomba Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa adalah proses pemberian stimulasi, kompetisi dan penghargaan kepada Guru pendidikan menengah berdasarkan implementasi inovasi pengembangan pendidikan karakter bangsa di sekolahnya.

Stimulasi dalam pedoman ini adalah dengan memberikan pelatihan/ bimbingan teknis. Kompetisi adalah pelaksanaan lomba dalam melakukan inovasi dan penghargaan berupa pemberian sertifikat/piagam dan insentif untuk mendorong pengembangan inovasi pendidikan karakter bangsa di sekolah.

Inovasi dalam pedoman ini adalah upaya dalam mengembangkan pendidikan karakter bangsa di sekolah dengan sebuah ide, benda/karya nyata dan atau model yang unik, berbasis masalah, relevan, dan berlandaskan nilai-nilai budaya bangsa/kearifan local dalam ruang lingkup kerangka revolusi mental.

Melalui kegiatan ini diharapkan:

  1. Tumbuh kembangnya inovasi guru dalam pendidikan karakter untuk menghasilkan peserta didik yang berkarakter bangsa.
  2. Terlaksananya bimbingan teknis dalam mendesain inovasi pembelajaran pendidikan karakter bangsa.
  3. Terdiseminasinya hasil inovasi pembelajaran pendidikan karakter bangsa pada guru dikmen lainnya.
  4. Meningkatnya semangat dan komitmen guru-guru dikmen untuk melakukan inovasi dalam pengembangan pendidikan karakter bangsa di sekolah.
  5. Terpilihnya enam peserta yang melakukan inovasi sebagai praktek terbaik (best practice) dalam pendidikan karakter bangsa di sekolah.

Sasaran kegiatan ini adalah guru pendidikan menengah (SMA/SMK) yang telah secara nyata melakukan inovasi dalam mengembangkan pendidikan karakter bangsa di sekolahnya, baik yang berstatus sebagai guru PNS maupun guru non PNS.

Tahapan kegiatan ini meliputi:

tahap.jpg

Persyaratan peserta bimtek inovasi pendidikan karakter bangsa bagi guru dikmen, yaitu sebagai berikut: 

  1. Guru SMA dan SMK, baik PNS maupun Non PNS.
  2. Memiliki NUPTK.
  3. Guru yang belum pernah menjadi pemenang lomba inovasi pendidikan karakter pada tahun-tahun sebelumnya.
  4. Guru yang mengajukan action plan berisi rencana inovasi pendidikan karakter bangsa yang akan dikembangkan dalam pembelajaran di sekolah. File action plan dalam bentuk pdf, dan dikirim melalui laman www.kesharlindungdikmen.id dengan cara mengisi biodata dan mengunggah file action plan Apabila ada media dalam bentuk video dapat dikirim melalui email: kesharlindung.dikmen@gmail.com. Video berdurasi 20 menit, berisi rangkaian seluruh kegiatan inovasi pendidikan karakter bangsa.
  5. Guru yang bersedia untuk melaksanakan inovasi pendidikan karakter bangsa di sekolahnya sesuai dengan rencana/action plan yang diajukan.
  6. Sanggup mengikuti seluruh rangkaian proses kegiatan dengan segala ketentuan atau aturan.
  7. Mendapat izin persetujuan dari kepala sekolah.

Persyaratan finalis lomba inovasi pendidikan karakter bangsa, yaitu sebagai berikut:

  1. Telah mengikuti kegiatan bimtek inovasi pendidikan karakter bangsa yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan.
  2. Menyerahkan laporan akhir pelaksanaan inovasi pendidikan karakter bangsa di sekolah yang mengacu pada pedoman Direktorat Pembinaan Guru Dikmen Kemdikbud.

Peraih penghargaan bagi guru dikmen yang melaksanakan inovasi dalam pengembangan pendidikan karakter bangsa di sekolah akan ditentukan melalui tahapan penentuan nominator secara keseluruhan.Dan bentuk penghargaan itu sendiri, bagi 6 (enam) Guru dengan inovasi terbaik dalam pengembangan pendidikan karakter bangsa di sekolah akan mendapatkan sejumlah penghargaan dalam bentuk sertifikat, plakat, dan insentif lainnya. Apabila memungkinkan yang disiapkan oleh Panitia Penghargaan Direktorat Pembinaan Guru Dikmen pada Direktorat Jenderal guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Seluruh rangkaian kegiatan pemberian penghargaan guru dengan inovasi pendidikan karakter bangsa terbaik, adalah sebagai berikut: 

  1. Tanggal 30 November – 2 Desember 2016 Penyusunan pedoman kegiatan.
  2. Bulan Januari 2017: sosialisasi program kegiatan Inovasi Pendidikan karakter Bangsa melalui laman http://kesharlindungdikmen.id
  3. Bulan Januari – Maret 2017: pengiriman action plan inovasi pendidikan karakter bangsa
  4. April 2017 : seleksi action plan
  5. April 2017 : Pengumuman peserta bimtek
  6. April 2017 : pelaksanaan bimtek/workshop pembekalan/penguatan karakter
  7. Mei 2017 : penyusunan proposal sebagai tindak lanjut dari action plan untuk  pelaksanaan inovasi pendidikan karakter
  8. Mei – September 2017: pelaksanaan inovasi pendidikan karakter di sekolah
  9. September 2017 :   visitasi ke-100 sekolah terbaik yang dipilih
  10. Oktober 2017 : pelaksanaan pemberian penghargaan
  11. November 2017 : penyusunan laporan kegiatan oleh panitia

 

Copyright © 2019

Select your color